-->

Selasa, 06 September 2011

Selamat Ulang Tahun Google!, 13 Tahun Memberi Rasa dan Warna Bagi Dunia Web (Sejarah Google)


Wah, postingan ini sepertinya agak telat atau kesiangan. Tapi no matter lah ya.. untuk katakan: Happy Birthday Google!
Ngomong ngomong, pernah denger lelucon seperti ini:
"Eh mas, numpang tanya dong. Jl. Kanan Kiri di mana ya?"
"Lo, tanya saya ya? Ya, mana saya tau. Nanya kok sama saya. Saya kan bukan Google!"
Haha. Ada ada saja yang bikin lucon.
Itulah sob, lelucon jayus yang menandakan kehebatan Google sebagai sebuah mesin pencari. Bayangkan, seseorang hampir tidak membutuhkan orang lain untuk ditanyai kalau dia sudah kenal dekat dengan Google dan bisa terus bersamanya. Tapi apakah Google yang sekarang hanyalah sebuah mesin pencari?

Bagi Anda yang sudah mengenal internet sejak 13 tahun atau lebih dari 13 tahun yang lalu, apa yang masih anda lakukan dengannya [sebelum kedatangan Google]? Masih mencari cari screen name yang ideal buat AIM? Atau, masih surfing cari informasi di kawasan GeoCities? dan masih menggunakan Yahoo! atau AOL sebagai search engine utama?

Tebak Tanggal Ulang Tahun Google

Kalau berbicara tentang tanggal ulang tahun Google, di kalangan media internet atau para blogger/webmaster masih tebak menebak. Ada yang posting "Happy Birthday Google !" tanggal l 4 September, 7 September, 15 September, atau 27 September. Entahlah kapan tepatnya kalau kita ingin mengatakan Happy Birthday untuk Google.
  • 4 September. Adalah tanggal penting dalam sejarah Google. Karena pada tanggal inilah di tahun 1998, sang pendiri Larry Page dan Sergey Brin mendaftarkan berkas pengajuan izin mendirikan badan usaha atas nama Google Inc. di California dengan bermodalkan cek sebesar $100,000 dari seorang investor yang merupakan co-founder Sun Microsystems, Andi Bechtolsheim. Dengan pengajuan ini, perusahaan Google Incorporation pun terlahir secara ofisial.
  • 15 September. Pada tanggal ini , tahun 1997, domain Google.com resmi terdaftar di dunia maya. Setahun  sebelum Google resmi berdiri sebagai badan usaha.
  • 27 September. Meskipun secara pendirian badan usaha dan peluncuran domain Google bukanlah pada tanggal ini, tapi entah kenapa di tahun 2005, Google mendeklarasikan bahwa bulan September tanggal 27 adalah hari jadi mereka (Untuk kenapa hal menjadi seperti itu, saya belum menemukan sumber yang memberikan jawaban pasti). Dan sejak tahun itu, di homepagenya, Google senantiasa memasang Doodle bertemakan Ulang Tahunnya setiap tanggal 27 September ini. Termasuk, doodle nya di pagi ini. Sudah lihat bukan?
    Nah, lantas apa yang terjadi kemudian setelah Google menciptakan debutnya di salah satu hari pada 1998, 13 tahun yang lalu? Jelas lihatlah saat ini, ia telah mengubah banyak wajah dari World Wide Web hingga sekarang.
    Sekedar menambah pengetahuan, ingin saya coba ulas kembali sejarah Google dari tahun pertama mereka ada sampai apa saja yang mereka cipta dan kembangkan bagi alam maya hingga kini.

    Sejarah Singkat Google


    1996 - 1997 : BackRub
    • 2 tahun sebelum nama Google terlahir, tahun 1995, adalah awal dari pertemuan duo "Google Guys" Larry Page dan Sergey Brin di Universitas Stanford.
    • Singkat setelah pertemuan itu, pada Januari 1996, mereka kemudian berkolaborasi menciptakan layanan pencarian dengan nama BackRub yang masih beroperasi pada server Universitas Stanford selama lebih dari setahun namun pada akhirnya terlalu banyak memakan bandwidth server. Menunjukkan tingginya pertumbuhan search tool yang mereka ciptakan.
    • Pada 15 September 1997, Larry dan Sergey mengganti nama BackRub dengan Google, plesetan dari kata “googol”, sebuah istilah matematika untuk angka yang diwakili oleh angka 1 diikuti dengan 100 buah angka nol. Penggunaan istilah tersebut merefleksikan misi mereka untuk menciptakan platform web yang dapat mengorganisisr informasi dalam jumlah yang tak terbatas yng beredar di internet. And They did it. Rasa rasanya, misi yang mereka rancang sejak awal itu terwujud sekarang.
    Jadi, rasa rasanya jawaban si mas yang ditanyai di lelucon jayus tadi ada benernya juga ya.. Jutaan bahkan miliaran informasi yang terdapat di web, dapat dihimpun dan terindex oleh Google. Jadi, just asking Google, and You're done!. Haha, tapi gak segitunya juga kali ya..


    1998: Homepage Pertama Google
    • Seperti yang saya tulis diatas, pada tahun ini lah Larry dan Sergey menerima cek sebesar $100,000 dari investor pertama mereka Andy Bechtolsheim, untuk menyempurnakan pendirian perusahaan mereka. Beberapa bulan berikutnya, tepatnya September, setelah peresmian perusahaan mereka, Larry dan Sergey kemudian menempatkan markas perusahaan yang baru mereka dirikan di sebuah garasi (saja!) milik Susan Wojcicki, di Menlo Park, California. Karyawan pertama merekadi tahun ini adalah Craig Silverstein.
    • Pada bulan November 1998 ini, Prototipe (model baku/asli) original dari homepage Google memulai debutnya. 

    1999: Pindah Markas ke Palo Alto, Mountain View, dan The Uncle Sam Homepage

    • Awal tahun 1999, Google keluar meninggalkan kantor garasinya dan beralih ke kantor baru di Palo Alto dengan hanya memiliki 8 karyawan saja pada saat itu. Dan pada tahun ini, dalam press release pertama mereka, diumumkan bahwa mereka kembali mendapat dana sejumlah 25 juta dolar dari Sequoia Capital dan Kleiner Perkins. Di tahun ini pun mereka menciptakan istilah "Googler" yang diartikan sebagai karyawan yang bekerja bagi Google.
    • Beberapa bulan setelahnya, di pertengahan tahun, markas google berpindah ke Mountain View, California. Dan menjelang akhir tahun, mereka menghilangkan tanda seru (!) yang sebelumnya mengakhiri nama Google! mereka. Dan di tampilan situs, mereka menambahkan link untuk pencarian dokumen-dokumen pemerintah AS secara terbatas. Dikenal dengan The Uncle Sam Homepage.
    2000: Menjadi Search Engine terbesar di Dunia, dengan Jumlah Index URL 1 Miliar !!

    Pada tahun ini:
    • Google menjalin kemitraan dengan Yahoo! dan menjadi penyedia pencarian standar mereke.
    • Di tahun ini pula, Google mengumumkan bahwa indeks mereka mencapai 1 miliar URL, sehingga menjadi mesin pencari terbesar di dunia
    • Google juga meluncurkan ADWORD, program pelayanan publikasi iklan yang memungkinkan orang untuk membeli kata kunci iklan yang akan muncul di samping hasil pencarian.

    2001: Eric Schmidt & Google Image Search

    • Tahun 2001, Eric Schmidt menjadi chairman Google, dan diangkat menjadi CEO hanya dalam hitungan bulan pada tahun yang sama. Sedangan Larry dan sergey menjadi President of Products and Technology.
    • Google Image Search lahir di tahun ini. Dengan index sebanyak 250 Juta Image.
    2002: Google Search Appliance & Google News Search
    • Google memasarkan hardware pertama ciptaan mereka di  awal tahun 2002, yang bernama Google Search Appliance, sebuah perangkat yang terhubung ke komputer dan menyediakan kemampuan pencarian canggih untuk dokumen internal.
    • Dan Google News Search lahir di tahun ini dengan 4.000 sumber berita. 
    2003: AdSense & Blogger
    • Google memunculkan konten program iklan, bernama Google Adsense. Pemain di dunia internet marketing mana yang tidak kenal nama ini. Dan bahkan, untuk sebagian orang di dunia ini, Adsense telah menjadi sumber penghasilan utama.
    • Diakuisisinya Pyra Labs, pencipta Blogger di tahun ini oleh Google.
    2004: Gmail & Orkut
    • Pada bulan Januari, Google meluncurkan Orkut sebagai sebuah jejaring sosial, tapi sayang, keberadaan orkut sebagai sebuah jejaring sosial tidak sesukses Facebook seperti sekarang. Orkut hanya banyak dinimati di beberapa negara seperti Brazil dan India. Tapi di belahan dunia lain, keberadaanya tidak terlalu populer.
    • Pada April Fool Day 2004, Google merilis Gmail dalam versi beta yang untuk bergabung disana masih dengan cara invitation alias undangan, seperti halnya Google+ sekarang lah...
    2005: Google Maps, iGoogle, Google Earth, etc. 
    • Tahun 2005, Google meluncurkan banyak produk yang hingga kini sangat dirasa manfaatnya oleh para user. Diantaranya:
    • Google Maps lahir pada bulan Februari ini: Sebuah peta virtual online denagn be
    • iGoogle pada bulan Mei: Sebuah Personalized Homepage (kini dikenal iGoogle) dirancang untuk menawarkan para pengguna untuk membangun homepage mereka sendiri dengan menyesuaikan modul konten yang dapat dipilih. 
    • Google Earth pada bulan Juni: Sebuah penampakan gambar satelit yang berbasis layanan pemetaan dengan menggabungkan bangunan dan daerah dalam grafik 3 dimensi disertai dengan kemampuan pemetaan dan pencarian Google.
    • Google Talk pada bulan Agustus: Aplikasi Internet Messaging (IM) pada Windows yang bermanfaat bagi para pengguna Gmail, untuk berkomunikasi, baik chatting atau bahkan berkomunikasi langsung face to face dengan fitur Video and Voice (Video Call) yang disediakan.
    • Google Reader pada bulan Oktober: Membantu pemakai jasanya untuk mengatur dan mengkonsolidasikan konten sebuah website ke dalam satu feed. 
    2006: Picasa Web Album, YouTube, etc.
    • Januari 2006: Google merilis Picasa Web Album. Sebuah fasilitas bagi para penggunanya untuk meng upload dan sharing foto mereka secara online.
    • Maret 2006:  Google Finance.
    • April 2006: Google Calendar.
    • Mei 2006: Google merilis Google Trends, yang kini banyak dipakai oleh para pemain intenet marketing untuk menge

    • tahui pencarian populer apa yang sedang terjadi di Google dalam kurun waktu tertentu.
    • Juni 2006: Google memperkenalkan sebuah cara melakukan pembayaran online dengan cepat dan mudah dengan diluncurkannya Google CheckOut.
    • Oktober 2006: Google mengakuisisi Youtube.
    2007: Android
    • November 2007: Berkolaborasi dengan perusahaan Open Handset Alliance, Google memperkenalkan Android, open platform pertama untuk perangkat mobile.
    2008: Google Chrome & Index 1 Triliun!!
    • Februari 2008: Google Sites diperkenalkan pada bulan ini, hasil dari pengakuisisan JotSpot, 2 tahun sebelumnya. Google Sites menyediakan kemampuan bagi pengguna untuk membuat website yang kolaboratif dengan video embedded, dokumen, dan kalender.
    • Juli 2008: Google mengumumkan bahwa sistem  pengindeksan untuk pengolahan linknya menunjukkan telah mengindex 1 triliun URL!! (dan itu belum termasuk jumlah halaman web individu di luar sana yang tumbuh beberapa milyar halaman per hari).
    • September 2008: Google memperkenalkan Google Chrome, sebuah open-source browser.
    • Masih di bulan yang sama, T-Mobile memperkenalkan G1, ponsel pertama yang dibangun pada sistem operasi Android. Pada saat yang sama, Google merilis Android Software Developer Kit baru.
    2009: Google Latitude, Google Wave
    • Februari 2009: Google memperkenalkan Google Latitude sebuah fitur Google Maps untuk mobile dan gadget yang memungkinkan penggunanya berbagi lokasi dengan pengguna lain. Sehingga dapat mengetahui perkiraan sedang berada di lokasi mana temannya. 
    • Di tahun ini pula, Google mengumumkan usahanya untuk sebuah platform komunikasi real-time dengan memperkenalkan Google Wave nya.
    2010: Google Apps Marketplace & Google Buzz
    • Pada tahun 2010 Google meluncurkan Apps Marketplace, sebuah toko aplikasi yang memungkinkan pengembang pihak ketiga untuk menjual kreasi mereka.
    • Pun Google meluncurkan Google Buzz, terobosan mereka yang berupa social sharing yang berasal di Gmail.
    • Google juga merilis Google TV setelah bekerja sama dengan Intel, Sony dan Logitech. 
    2011: Google+

    Inilah platform sosial Google yang paling banyak dibicarakan sejauh ini, Google + diluncurkan pada bulan Juni 2011 dan masih hanya bisa diakses lewat invitation. Topik Google di tahun ini juga adalah ketika mengumumkan akuisisi yang paling mahal saat ini ketika membeli Motorola Mobility sebesar $ 12,5 miliar.


    Yup, itulah sedikit serba serbi tentang Google yang sedang menjadi topik hangat dunia web pagi ini. Semoga Bermanfaat..^^

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    I welcome for Critique, Opinion, Commentary, Suggestion, and Arguments.
    Thanks for visiting and writing here.