-->

Selasa, 10 Januari 2012

Solving: Sudo Trouble "Unable to resolve host"

Pagi tadi saya sempet dapat trouble. Tidak seperti biasanya, perintah sudo yang biasa saya ketikkan di terminal kompie ubuntu saya malah memunculkan result yang membuat saya tidak bisa mengoperasikan command yang ingin saya jalankan. Disaat saya mengetikkan sudo beserta command nya, result yang muncul di terminal malah seperti ini

sudo: Unable to resolve host dell-desktop // [hostname di ubuntu saya]

Buat kalian pemakai ubuntu, ada yang pernah mengalami hal serupa?

Tentu saja kondisi seperti itu membuat saya tidak bisa mengoperasikan perintah apapun dengan sudo.

Akhirnya, the way to go is, tentu saja melawat ke forum forum ubuntu (di kompie lain pastinya karena, secara otomatis saya tidak bisa menjalankan sudo wvdial) dan minta tolong ama mbah google mencarikan orang yang bisa ngasih saya solusi. Akhirnya dari sebuah situs niche yang membahas seputar trouble2 ubuntu, saya mendapatkan solusinya.

Sharing saja barangkali sobat pengguna ubuntu lain suatu saat mengalami hal ini, atau jangan2 saya mengalami nya lagi di waktu yang lain. Saya tidak perlu melawat kemana mana, cukup saya kunjungi saja rumah pribadi saya ini.

To Solve it:

1. Kemungkinan masalah "unable to resolve host" tadi muncul karena kita pernah melakukan perubahan pada nama host (tapi saya sendiri tidak merasa pernah melakukannya sebelum problem ini muncul) sehingga terjadi ketidaksamaan data yang berada di file /etc/hostname dan /etc/hosts.  Yang perlu dilakukan adalah mengedit file /etc/hosts. Buka kembali terminal dan ketikkan perintah:

user@host:~$ gksudo gedit /etc/hosts

Sejauh ini, saya belum tahu dan belum mencari tahu fungsi gksudo untuk apa? Alternatif jika sudo tak berjalan? Entahlah..

2. Setelah file /etc/hosts terbuka, lakukan pengetikan di bagian atas file seperti ini:
127.0.0.1     localhost
127.0.1.1     dell-desktop
 // (sesuaikan dengan hostname kompie kamu. atau dapat kammu lihat di file /etc/hostname)

3. Sekarang silahkan coba lagi perintah sudo di terminal ubuntu mu.

Solusi yang saya ikuti seperti diatas, Alhamdulillah berhasil. Perintah sudo bisa saya jalankan lagi.

Semoga bermanfaat buatmu yang dapet trouble serupa.
Thanks to: ubuntuguide.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

I welcome for Critique, Opinion, Commentary, Suggestion, and Arguments.
Thanks for visiting and writing here.